Dentuman Keras di Semarang, Suara Apakah Gerangan?

By

Suara dentuman misterius terdengar di wilayah Kota Semarang dan beberapa daerah lain di sekitarnya, Senin (11/5/2020) dini hari. Sampai tulisan ini dibuat, belum ada penyebab suara dentuman yang terjadi sekira pukul 00.30 WIB itu.

Dentuman terdengar keras di sejumlah wilayah di Jawa Tengah. Seperti komentar sejumlah warganet di akun Instagram @infokejadiansemarang.

Akun @anisadwpt menuliskan Kaligawe krungu lur (Kaligawe Semarang dengar sedulur/saudara), @shofar_away menuliskan jika di Grobogan (Kabupaten Grobogan) juga terdengar suara dentuman itu, akun @anto_jns juga menuliskan di daerah Sragen terdengar kencang

Hingga pukul 14.40 WIB ini, postingan instagram @infokejadiansemarang tentang dentuman itu sudah dibanjiri 3.037 komentar. Termasuk beberapa komentar warganet yang dituliskan di atas.

Selain menanggapi serius, ada pula warganet yang menanggapinya dengan guyon alias candaan soal dentuman itu. Ada yang menuliskan dentuman itu adalah peperangan antara Dewa Virus versus Son Go Ku (tokoh Dragon Ball), ada yang menuliskan perang Avatar versus Naruto.

Ada yang tak kalah ngeselin, menuliskan begini: Sorry Lur, mau aku terpaksa ngetokke kekuatanku nggo ngelawan musuh Lur (Maaf saudara, tadi saya terpaksa mengeluarkan kekuatanku untuk melawan musuh),,, karepmu Mas!

Tapi meskipun saya sendiri tak mendengarnya, padahal di jam-jam segitu, saya masih melek tanpo ngantuk, karena baru tidur pukul 05.00 pagi tadi, makin banyak orang terutama warganet membicarakan soal dentuman keras itu.

Mereka bertanya-tanya, ada apakah gerangan? Suara apakah gerangan? Meskipun ada yang berkomentar, ada beberapa benda langit diduga asteroid atau cahaya di langit yang waktunya tak jauh dari dentuman itu terdengar, namun itu juga belum dikonfirmasi oleh otoritas terkait.

Dugaan adanya aktivitas seismik yang jadi penyebab dentuman juga tidak dibenarkan BMKG Semarang. Intinya, otoritas belum tahu penyebab suara di tengah malam itu.

Dentuman yang terjadi di Semarang dan sekitarnya ini terjadi di tanggal 11 Mei 2020. Sebelumnya, tepat sebulan lalu, yakni Sabtu 11 April 2020 dini hari, dentuman misterius terdengar di sejumlah wilayah di Jabodetabek. Dentuman yang terjadi sebulan lalu itu juga hingga kini belum terjawab penyebabnya.

 

ilustrasi: pixabay.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like