menu-buka-puasa-sehat-ruangobrol

Menu Buka Puasa Sehat di Tengah Pandemi Corona

By

Ramdan kali ini harus dilalui umat Islam di tengah pandemi corona. Banyak ibadah yang biasanya dilakukan berjamaah tak bisa lagi dipraktikkan demi menghindari penularan virus. Tak apa, karena Islam selalu mendahulukan keselamatan jiwa di saat darurat. Lagi pula ibadah sendiri juga tetap bisa khusyuk dan khidmat kok.

Di tengah pandemi ini pula, kita butuh energi yang lebih dalam menjalani Ramadan. Nah, agar tetap sehat dan kuat, dibutuhkan asupan gizi yang pas. Berikut saran menu buka puasa sehat di tengah corona yang bisa Anda coba.

1. Buah-buahan

Saat buka puasa yang kita butuhkan pertama adalah meningkatkan glukosa. Untuk itu, bisa memakan buah-buahan alami. Nabi Muhammad menyunahkan makan tiga biji kurma sebagai pembuka selain minum air putih. Kalau Anda kurang suka kurma, bisa coba variasi buah lainnya. Tapi jangan kebanyakan ya, nanti justru bisa menurunkan imunitas tubuh.

2. Makanan Berprotein

Jika buah-buahan baik sebagai menu pembuka, maka makanan berprotein penting untuk makanan utama. Karena protein bisa meningkatkan imunitas tubuh. Catatannya harus berlemak rendah ya. Protein bisa didapatkan dari lauk seperti tempe, tahu, telur, ikan, dan ayam tanpa kulit. Sederhana saja, yang penting sehat.

3. Sayuran

Selain protein, tubuh juga butuh vitamin untuk menjaga stabilitas imun. Bisa dengan mengonsumsi sayuran. Misalnya sayur bayam yang bervitamin dan mengandung zinc untuk kekuatan tubuh. Ditambah minum suplemen juga bisa.

4. Susu dan Kacang-Kacangan

Biasanya setelah berbuka kita ingin menyemil makanan. Berbahaya kalau kebanyakan karbohidrat. Karena akan membuat tubuh menjadi lemas. Tipnya adalah makan yang berkarbohidrat ringan tapi mengenyangkan, seperti kacang rebus dan jenis kacang lainnya. Agar pencernaan sehat dan kalsium terpenuhi, bisa didampingi minum susu dan makan yoghurt.

Selamat menjalankan puasa. Semoga kita semua sehat selalu dan lebaran tahun ini corona menghilang. Amin.  

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like