Glenn dan Perjuangan Kemanusiaan

By

Menyebut Glenn Fredly, rasa-rasanya tak hanya bercerita seputar dunia musik. Glenn adalah potret manusia yang tak hanya piawai bermusik, tapi peka terhadap isu-isu di sekitarnya; mulai dari nasib musisi dan pelaku industri Tanah Air, tentang lingkungan, tentang perdamaian, tentang kehidupan sosial dan apapun tentang kemanusiaan.

Glenn dan kemanusiaan seperti satu helaan nafas. Tak bisa dipisahkan.

Amat wajar jika kepergiannya ke haribaan Yang Maha Kuasa Rabu (8/4/2020), yang mendadak itu, banyak membikin orang bersedih.

Sederet selebriti, musisi, anggota Dewan, menteri hingga Presiden mengucapkan bela sungkawa.

Pada akun resmi Instagram Presiden Jokowi, dituliskan bahwa kepergian Glenn adalah kehilangan besar bagi dunia musik bangsa ini. Mendiang adalah tokoh muda yang menginspirasi anak-anak muda Tanah Air, terutama musik, karena dedikasinya pada seni yang begitu luas dan sebagai pencipta lagu, penyanyi juga aktivis.

Glenn Fredly telah berpulang, tapi karyanya akan tetap abadi.

Penelusuran berbagai sumber; Glenn juga orang yang sangat peduli terhadap isu-isu perdamaian. Sebut saja ketika terjadi konflik Ambon bertahun lamanya, Glenn amat tergerak untuk ambil bagian rekonsiliasi.

Salah satunya dilakukan Glenn melalui film Cahaya dari Timur: Beta Maluku. Glenn adalah produsernya. Film yang dirilis tahun 2014 berkisah tentang sepakbola, keuntungan dari hasil pemutarannya didonasikan untuk memajukan sepakbola Maluku.

Tak hanya lewat film, lewat musik juga Glenn melakukannya. Ridho Hafiedz, gitaris Slank, memposting di Instagram pribadinya. Fotonya terlihat Ridho bermain gitar, sementara Glenn memegang microphone. Keterangannya; ini adalah konser pertama, sekitar tahun 2015, pascakerusuhan di Ambon.

Glenn memang tak lahir di Ambon, melainkan lahir di Jakarta 30 September 1975. Namun, rasa-rasanya kecintaannya terhadap Ambon tak kalah dengan orang Ambon itu sendiri. Ini juga sebagai pelajaran berharga agar orang tak lupa tempat kelahiran, bukan hanya mengenang, tetapi berbuat sesuatu untuk memajukan tanah kelahiran itu.

Glenn meninggalkan sesuatu yang berharga bagi kehidupan kita. Adalah; bersama-sama melakukan sesuatu untuk kemanusiaan. Perjuangan yang tak memandang perbedaan latar belakang.

Selamat jalan “Nyong Ambon”, irama hidup yang menginspirasi.

sumber foto: Instagram pribadi Glenn Fredly @glennfredly309

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like