italy-lockdown-coronavirus_virus-corona-ruangobrol

Lockdown Virus Corona Bikin Panik? Atasi Dengan Ini

By

Beberapa provinsi telah menyatakan sikap untuk merehatkan dulu segala kegiatan entah itu pemerintahan atau pendidikan. Bahkan sampai tingkat kota seperti Depok dan Bogor yang dianggap sebagai potensial suspect virus COVID-19.

Sebagai penyumbang terbanyak positif kasus ini, Jakarta mulai melakukan rehat mulai Senin (16/3). Beberapa kantor diliburkan, kegiatan keramaian ditiadakan bahkan tempat wisata ditutup sejak akhir pekan kemarin. Transportasi Jakarta pun hanya sampai jam 6 sore.

Penyebaran virus yang tergolong mudah emang bikin panik. Apalagi ada di kota yang super sibuk macam Jakarta. Ini hal-hal yang bisa meredakan panikmu

  • Hirup Udara Segar

Kita memang disarankan tidak banyak keluar rumah. Lalu, bagaimana kita bisa menghirup udara segar? Tentu kamu bisa membuka jendelamu agar ruangan tidak terlalu lembab. Ini sangat bisa membuatmu relaks untuk sejenak. Kamu juga bisa membuat udara segar sendiri dengan mulai menanam di pot kecil.

  • Banyak Minum Air Putih

Air putih menjadi salah satu hal yang bisa meredakan kepanikan. Saat panik, stres atau tertekan, tubuh akan menguras cairan tubuhmu dan sering kali membuatmu pusing. Minum air putih akan meredakan perasaan dan membuatmu lebih tenang.

  • Meditasi

Beberapa pakar beranggapan bahwa meditasi merupakan salah satu cara yang ampuh mengatasi stres. Meditasi akan membantu seseorang memusatkan pikiran dan perasaan agar bisa berkonsentrasi dan relaksasi. Dengan begitu, pernapasan akan menjadi lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah akan kembali normal.

Kondisi ini tentu dapat menurunkan hormon stres sehingga tubuh menjadi lebih tenang. Menurut hasil penelitian, meditasi selama 15 menit bisa memberikan efek yang sama pada kebugaran tubuh seperti olahraga selama 1 jam.

  • Istirahat Cukup

Saat tubuh lelah akan sulit mengendalikan tekanan yang dialami tubuh, apalagi mengatasi stres. Oleh sebab itu, jangan paksakan tubuh menjalani aktivitas yang padat secara terus-menerus. Tubuh yang lelah karena kurang istirahat dapat menyebabkan konsentrasi menurun dan tidak fokus menghadapi berbagai masalah yang sedang dialami.

Istirahatkan tubuh dengan waktu tidur yang cukup, yaitu selama 7-8 jam sehari. Dengan aktivitas tidur atau istirahat yang cukup mampu meremajakan tubuh yang lelah sehingga ketika bangun tubuh dan pikiran akan terasa lebih segar kembali dan siap menjalani aktivitas di kemudian hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like