Warga Binaan Lapas Kedungpane Ikuti Ujian Sekolah

Other

by Eka Setiawan

Sebanyak enam Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang alias Lapas Kedungpane mengikuti Ujian Sekolah Kejar Paket B setara SMP dan Kejar Paket C setara SMA mulai Senin (9/3).

Keikutsertaan WBP dalam ujian sekolah itu merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) No.32 Tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak WBP.

Kejar Paket di Lapas Semarang dapat berjalan dengan baik berkat kerjasama antara Lapas Semarang dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bangkit Ngaliyan Semarang. Program tersebut meliputi Kejar Paket A untuk narapidana tak lulus SD, Kejar Paket B untuk mereka yang tak lulus SMP, dan Kejar Paket C yang tidak lulus SMA.

Hal ini pun mendapat apresiasi dari Kepala Lapas Semarang, Dadi Mulyadi. "Terima kasih kepada PKBM Bangkit Ngaliyan atas kerja sama memanusiakan manusia menuju manusia mandiri sesuai amanat Undang-Undang Pemasyarakatan," tuturnya melalui siaran pers yang diterima ruangobrol.id, Rabu (11/3/2020).

Menurut Dadi, Lapas Semarang tergerak untuk fokus memberikan hak untuk mendapatkan pendidikan kepada para WBP sebab banyak dari mereka masih dalam usia produktif.

“Hari Senin lalu, ujian sekolah mulai dilaksanakan sampai dengan hari Sabtu mendatang. Mereka akan ikut Ujian Nasional Tahun Ajaran 2019/2020 pada bulan April-Mei nanti," lanjut Dadi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan, Dapat Sembiring, mengatakan ada 25 WBP yang mengikuti program Kejar Paket, yakni 5 WBP ikut Kejar Paket B serta 20 WBP ikut Kejar Paket C. Mereka sudah dipilih melalui seleksi riwayat pendidikan dan kelengkapan syarat administrasinya.

"Semoga mereka yang putus sekolah minimal bisa melanjutkan belajar dan mendapat ijazah, baik yang setara SD, SMP, maupun SMA. Ini juga bagian dari upaya kami memenuhi hak pendidikan bagi WBP dan siap untuk diterima kembali di masyarakat," pungkas Dapat.

 

FOTO DOK. LAPAS KEDUNGPANE

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas I Semarang alias Lapas Kedungpane mengikuti ujian sekolah di lapas setempat. Ujian tersebut dimulai sejak Senin (9/3/2020) kemarin.

Komentar

Tulis Komentar