Bong-Joon-Ho-Oscars-2020-ruangobrol

Film-film Bong Joon-Ho Sebelum Parasite

By

Bong Joon-ho, sutradara film Parasite, memenangi penghargaan sutradara terbaik dalam ajang Oscar 2020 yang berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu (9/2/2020) malam waktu setempat atau Senin (10/2/2020) pagi Waktu Indonesia Barat (WIB). Ia tercatat memulai kariernya di dunia film pada 1996, sementara film pertama yang disutradarainya rilis pada 2000 dengan judul Barking Dogs Never Bite.

Sampai saat ini, Bong telah menyutradarai tujuh film, termasuk Parasite. Berikut adalah film-film bagus karya Bong selain Parasite:

1. Memories of Murder (2003)

Memories of Murder bercerita tentang kisah nyata pembunuhan berantai yang dilakukan seorang pria berusia 50 tahun pengidap gangguan jiwa di Kota Hwaseong sekitar tahun 1980-an. Song Kang-ho, salah seorang pemeran Parasite, terlibat dalam film ini.

Song Kang-ho berperan sebagai Park Doo-man, seorang detektif di kota kecil yang sedang berusaha memecahkan misteri pembunuhan berantai. Saat itu, ia dibantu Seo Tae-yoon (Kim Sang-kyung), detektif muda asal Seoul yang lebih berpengalaman dibandingkan Park Doo-man.

2. The Host (2006)

Bong Joon-ho membuat film ini karena terinspirasi berita lokal tentang penemuan ikan cacat dengan tulang punggung berbentuk huruf ‘S’ di sungai Han. Ia kemudian mengembangkan berita itu menjadi cerita monster.

The Host menceritakan monster menyerang Korea Selatan. Monster itu muncul dari Sungai Han dan membunuh banyak orang. Termasuk menculik gadis bernama Hyun-Seo. Sisanya, adalah cerita penyelamatan gadis itu.

3. Mother (2009)

Mother adalah film tentang seorang janda (Kim Hye-ja) yang tinggal bersama putranya yang memiliki kebutuhan khusus (Won Bin) di sebuah kota kecil di Korea Selatan, di mana ia mencari nafkah dengan menjual tanaman obat.

Janda tersebut berupaya melawan ketidakadilan sistem hukum yang membuat anaknya menjadi tersangka utama kasus pembunuhan seorang perempuan.

4. Snowpiercer (2013)

Snowpiercer berdasarkan pada novel milik Jacques Lob, Benjamin Legrand dan Jean Marc Rochette berjudul Le Transperceneige. Film ini bergenre science fiction.

Kisahnya terfokus pada upaya merekayasa iklim untuk menghentikan pemanasan global tapi berubah menjadi bencana. Situasi itu menciptakan zaman es baru dan membuat umat manusia yang tersisa dibawa ke kereta api lintas alam, Snowpiercer yang dijalankan oleh raja transportasi terkemuka Wilford.

5. Okja (2017)

Okja bercerita tentang persahabatan seorang gadis muda bernama Mija dengan hewan babi raksasa akibat modifikasi secara genetik bernama Okja.

Film ini dibintangi pemeran cilik Korea Selatan Ahn Seo-hyun, bersama dengan para pemeran Hollywood Tilda Swinton, Paul Dano, Steven Yeun, Lily Collins, dan Jake Gyllenhaal.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like