Bucin, Bucin, Bucin, Siapa yang Bucin?

By

Bucin, Budak Cinta. Istilah ini akan dipahami sangat romantis bagi para pelakunya. Mereka menganggap ini sebagai bukti cinta untuk berbakti, mengabdi jiwa raga.

Tapi pembawa idealisme sampai mati akan bilang bahwa bucin adalah penghambaan yang fana. Bucin hanyalah bentuk ketidakberdayaan terhadap pasangan. Bucin dipahami sebagai kesialan yang akan membawa kesengsaraan seumur hidup. Bucin itu aib.

Padahal mereka sedang menjilat ludah sendiri dengan bucin pada idealisme. Cinta kan banyak macamnya, selain cinta pada pasangan, cinta pada idealisme, cita-cita, agama, negara, harta, kehidupan, nilai-nilai dan lain-lain. Bukankah mereka juga sedang menghamba?

Sebenarnya bucin itu sangat logis. Bagaimana cinta terbentuk lebih karena mereka merasa ada hal menguntungkan; entah itu berupa kebahagiaan, kenyamanan, hal yang lebih baik dan lain-lain. Ada benefit yang bisa didapatkan ketika membucin.

Mana ada orang kasmaran memikirkan pengorbanan, sakit hati, ribut atau peristiwa bumi gonjang-ganjing lainnya? “Ini salah satu bentuk pengorbanan,” kata orang yang mengaku sedang kasmaran. Basi! Justru itu salah satu bentuk dia mulai perhitungan.

Kasmaran sendiri masih pada tahap sepele. Dia hanya menemukan hal yang baru tapi berbeda. Macam anak hijrah. Setelah kasmaran, pilihannya ada dua: dia ketagihan atau terjebak disana.

Ketagihan dan terjebak itu beda-beda tipis. Ini mirip tapi kita bisa jadi salah paham. Mereka yang bahagia tanpa mengeluh dan justru semakin bertambah biasanya merupakan salah satu ciri ketagihan cinta. Jika tidak, maka fix anda terjebak menjadi bucin.

Para miliuner itu merupakan perwujudan sukses bucin harta yang ketagihan. Enggak mau kehilangan, engga ksuka dikuasai orang lain, enggak suka diduakan dan bahkan sangat fokus.

Semakin bucin akan semakin membatasi diri dan bahkan merasa tak butuh orang lain. Eksklusifisme sebenarnya adalah wujud lain dari bucin ini karena saking merasa tak butuh orang dan membatasi diri. Tapi itu ketagihan apa terjebak?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like