Virus Corona Terdeteksi di Bandung?

By

RS Hasan Sadikin menerima dua pasien yang diduga terjangkit virus corona. Salah satu pasien merupakan pegawai asal Tiongkok yang sebelumnya tiba dari Singapura. Hari ini, RS terbaik di Bandung tersebut melakukan konferensi pers.

Saat ini, RS Hasan Sadikin sudah mengirimkan sample ke litbangkes (penelitian dan pengembangan kesehatan) RI. Belum ada kepastian apakah benar keduanya benar-benar terjangkit virus mematikan tersebut. Namun, keduanya terdeteksi mengalami gangguan saluran pernapasan akut dan pneunomia. Pasien masih berada di isolasi.

Berdasarkan live streaming Kompas TV, RSHS siap menampung 2 pasien lagi yang terduga jika ada tanda-tanda di masyarakat. Selanjutnya, RS Hasan Sadikin akan menarik semua keluarga pasien jika pasien positif terkena virus corona.

WHO sendiri sudah merilis update peta tentang penyebaran virus. (Klik Link Ini) . Satu orang terdeteksi positif terjangkit virus corona di Singapura dan Australia.

Peta penyebaran virus corona tanggal 27 Januari 2020, jam 10.40

Gejala virus ini sangat umum namun sangat membahayakan. Adapun gejala virus corona adalah sebagai berikut :

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak napas/sakit pernafasan
  • Sakit tenggorokan

Terakhir, virus corona bisa menyebar lewat mata, sentuhan bahkan udara. Oleh karenanya kita perlu menyiapkan pencegahan dengan cara berikut ini :

  1. Sering mencuci tangan dengan sabu dan air selama 20 detik dan akan lebih baik berbahan dasar alkohol
  2. Hindari kontak dekat dengan mereka yang terdeteksi
  3. Jika badan kurang baik, akan lebih baik untuk tinggal di rumah mencegah virus ini menyebar karena imun lemah akan lebih mudah terjangkit
  4. Bersihkan benda yang disentuh
  5. Tutupi hidung dan mulut ketika batuk dan bersin dan buang tisu di tempat yang aman

Ada dugaan bahwa virus corona ini bocor dari pusat senjata biologis milik Tiongkok di Kota Wuhan. Sejauh ini, Tiongkok sendiri membangun RS isolasi untuk virus corona yang akan selesai dalam waktu satu minggu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like