Corona

Virus Corona Mengancam, Terprediksi di Film Contagion

By

Indonesia kini dihantui oleh virus corona. Virus ini berkembang di Kota Wuhan, Tiongkok. Departemen Kesehatan Tiongkok telah melaporkan ini kepada WHO bahwa penyakit ini mematikan. Setidaknya 17 nyawa melayang karena menderita virus corona.

Ilmuwan Tiongkok mengatakan bahwa virus ini nyaris sama seperti SARS dan MERS. Virus ini berkembang di kelelawar dan kemudian menyebar ke hewan ternak. Penderitanya lebih mirip flu, sakit di saluran pernafasan, demam dan radang paru-paru.

Penyebarannya sangat mudah. Melalui sentuhan, seseorang bisa terkena virus ini terutama orang tua dan penderita HIV-AIDS.

Kemarin (23/1), Jakarta dihebohkan oleh sakitnya salah satu pegawai Huawei. Pegawai yang baru pulang dari Tiongkok tersebut mengalami sakit di saluran tenggorokannya. Petugas langsung melakukan isolasi dan evakuasi besar-besaran. Belakangan diketahui bahwa petugas tersebut hanya radang tenggorokan.

Bukan netizen namanya kalau langsung percaya. Mereka berkomentar bahwa diagnosa itu bisa jadi keliru pasalnya Indonesia belum memiliki laboratorium yang bisa mendeteksi itu. Adapula yang berkomentar bahwa ini adalah KONSPIRASI.

Film Contagion : Ancaman Virus Dunia

Ketakutan atas ancaman virus Corona mengingatkan saya kepada sebuah film. Film berjudul Contagion tersebut menceritakan tentang virus mematikan di dunia.

Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) baru saja pulang dari Hongkong atas alasan pekerjaan. Ia mengkonsumsi babi panggang yang ternyata mengandung virus. Sampai di Amerika, Beth nampak tak baik dan meninggal dalam 2 hari. Anak laki-lakinya juga terinfeksi. Namun tidak dengan suaminya, Mitch Emhoff (Matt Damon) dan anak sulungnya.

Setiap yang disentuh Beth ternyata menyebarkan virus, mulai dari tiang, uang dan lain-lain. Penyebarannya pun sederhana namun fatal seperti tiang bus, berpegangan tangan, suami istri berciuman dan banyak lagi.

Singkatnya, WHO menjadikan ini darurat. Mereka meneliti mayat Beth untuk mencari tahu penawarnya. Kota perlahan sepi karena banyak orang mati mendadak. Belum lagi penjarahan akan bahan makanan dimana-mana.

Mitch dan anak perempuannya dan beberapa orang selamat karena punya imun tubuh yang baik. Tak jarang orang mendekatinya untuk meminta tolong. Awalnya, Mitch juga sempat khawatir anak perempuannya terinfeksi.

Beberapa jalur ditutup agar virus tak menyebar. Ini mirip sekali dengan apa yang terjadi saat ini di Kota Wuhan dimana warganya terperangkap. Polisi melarang siapapun memasuki atau keluar dari Wuhan.

Penyebab virus dalam film contagion disebabkan oleh sebuah buldoser milik Alderson International Mining and Manufacturing (AIMM), perusahaan tempat Beth bekerja yang membersihkan beberapa hutan dan mengganggu kelelawar. Kelelawar tersebut kemudian mengambil makanan dari pohon pisang, terbang di atas kandang babi, menjatuhkan sepotong pisang. Pisang itu dimakan oleh anak babi.

Selama proses panjang, selanjutnya koki dari kasino Makau membeli anak babi itu. Ketika dia menangani bangkai di dapur, dia tidak mencuci tangannya ketika dipanggil untuk menemui seorang pelanggan – Beth Emhoff. Koki kemudian berjabat tangan dengan Beth, memberinya campuran virus kelelawar dan babi.

Setidaknya film ini memberikan kita gambaran untuk memperkuat imun tubuh. Selain itu, kita juga perlu mencuci tangan sebelum memasak dan menjaga sekitar kita tetap bersih. Hal itu sangat mungkin menghindarkan kita dari virus corona.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like