Parasite

Parasite Film Keluarga Korea yang Menangkan Golden Globe 2020

By

Film Korea, Parasite memang layak memenangkan Golden Globe 2020 dalam kategori Foreign Language Film. Bukan hanya Golden Globe, Parasite juga masuk 34 nominasi di berbagai penghargaan bergengsi seperti Palme D’Or, Cannes Film Festival bahkan AACTA International Awards.

Parasite sendiri menceritakan tentang keluarga yang berusaha keluar dari jeratan kemiskinan. Mereka tinggal di basement yang sempit. Kegagalan demi kegagalan mereka rasakan namun tak pernah lelah mencari peluang.

Suatu waktu, Ki Woo mendapat tawaran dari temannya, Min Hyuk menjadi guru les di keluarga Park yang kaya. Namun Ki Woo tak memiliki gelar apapun, ia pun meminta adik perempuannya Ki Jeong yang cukup lihat mengubah dokumen. Ki Woo pun berhasil menjadi guru les dengan modal sertifikat palsu universitas terkenal.

Setelah berhasil masuk, istri CEO Park meminta Ki Woo mencari guru seni untuk anaknya. Ia pun mengajukan Ki Jeong yang mengaku sebagai kenalannya bernama Jessica untuk guru seni. Jessica pun datang keesokan harinya menjadi guru seni.

Tak cukup disitu, sang Ayah, Kim Ki Taek pun ingin mendapatkan kesempatan. Ki Woo dan Ki Jeong menyusun rencana dengan membuat sang Supir keluarga Park dipecat. Rencana mereka berhasil dengan membuat isu mesum sang Supir di mobil CEO Park.

Selanjutnya tinggal sang ibu, Chung Sook. Si pembantu dijebak oleh Ki Woo dan Ki Jeong dengan hal yang membuat dia alergi. Akhirnya istri CEO Park memecat si pembantu karena diduga TBC. Chung Sook pun masuk menjadi pembantu baru.

Permasalahan pun datang ketika CEO Park menyadari ada keanehan diantara ke empat pekerjanya ini. CEO Park dan keluarganya pun merencanakan liburan. Kesempatan bagi keluarga Kim menikmati rumah mewah yang mungkin jauh dari bayangan mereka. Namun ketika tengah bersenang-senang, istri CEO Park membatalkan perjalanan mereka dan kembali ke rumah.

Selanjutnya? Tentu sobatobrol harus tonton filmnya. Film ini cukup memberikan pengalaman yang mendalam dan nilai-nilai. Keluarga Kim memiliki semangat hidup yang cukup diacungi jempol. Meskipun mereka selalu gagal, tapi mereka selalu berani mencoba.

Selain itu, setidaknya sang sutradara mencoba menggambarkan bahwa kesempatan terbatas bisa membuat orang menjadi jahat. Oleh karenanya kita harus memberikan kesempatan pada orang lain.

Film Parasite sempat menjadi trend di dunia beberapa bulan lalu. Selain yang tadi disebutkan, apalagi sih yang kamu pelajari dari film ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like