Sensitif

5 Cara Hadapi Orang Sensitif

By

Jadi sensitif ternyata bisa juga karena bawaan lahir. Pada dasarnya setiap orang hidup punya hormon yang beragam dan hal tersebut membentuk jadi orang yang sensitif. Adapun perasaan sensitif dipengaruhi oleh pola kerja otak dan keadaan psikologis seseorang seperti traumatik.

Kadang kita seringkali dibuat bingung menghadapi orang yang sedang sensitif atau bahkan over. Eh sekonyong-konyong kita sebut dia “baper”. Gimana gak makin parah? Nah, ruangobrol.id punya beberapa cara untuk menghadapi orang sensitif.

  • Tetap Tenang

Upaya pertama yang perlu dilakukan adalah kita tidak terpancing dan sabar. Jangan pernah membalas nada tinggi dengan nada yang lebih tinggi. Susah sih, kadang iman kita emang selemah itu sehingga terpancing emoseeeh. Tapi ingat, harus tenang. Harus!

  • Cari Tahu Penyebab

Seperti yang disebutkan sebelumnya, orang sensitif bisa jadi karena punya beberapa penyebab salah satunya trauma. Trauma ini tidaklah mudah disembuhkan jadi kita yang harus paham ketika tahu penyebabnya. Ayo kita belajar memahami 🙂

  • Tidak Menghakimi

Bukan hanya mereka yang sensitif. Tapi sejatinya menghakimi pilihan yang harus selalu dihindari meskipun sekedar ucapan, “Ah gitu doank baper.”. Padahal mungkin bagi dia bukan sekedar “doank” tapi jauh lebih dalam dan menyakitkan dari itu. Tahan kata-kata menghakimi emosional seseorang.

  • Menceritakan Hal Manis

Ini sebenarnya cara untuk mengalihkan. Mungkin tidak akan mudah namun menceritakan hal-hal manis adalah salah satu solusi yang baik. Pasalnya, setidaknya merasa dipedulikan dan itu menunjukkan bahwa kita tidak mengingkan ia bersedih. Tapi jangan dikasih janji manis ya.

  • Memberikan Pelukan

Solusi terakhir tidak bisa dilakukan ke semua orang ya guys. Ini khususnya untuk orang-orang terdekat kita. Pelukan ini banyak memberikan manfaat lho bagi tubuh, hal ini dijelaskan di link ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like