Asyiknya Menikmati Sore di Kawasan Pelabuhan Semarang 

By

Sekarang, Ramadan sudah di penghujung. Para pemudik sudah mulai mengular, kendaraan-kendaraan berjejal, terutama di jalan tol.

Kebanyakan, mereka yang mudik itu dari Jakarta ke beberapa wilayah, mulai Jawa Barat, ke Jawa Tengah, Jawa Timur atau ke Yogyakarta. Pastinya mudik Lebaran itu amat menyenangkan, karena selain ada Idul Fitri dan kampung halaman, tentu saja ada liburan!

Nah, soal liburan ini, kalau ke Semarang ataupun saat kebetulan melintas saat senja di ibu kota Jawa Tengah, tak ada salahnya sejenak mampir ke kawasan Pelabuhan Semarang.

Lokasinya, kalau dari pantai utara (pantura) lewat Jalan Arteri Yos Sudarso sebelum flyover pelabuhan (dari Barat ke Timur) belok ke kiri. Penandanya sebuah mercusuar yang sudah terlihat dari jalan raya.

Di lokasi itu, kita bisa melihat aktivitas kapal maupun para anak buah kapal (ABK) dari dekat. Beberapa kapal sandar di sana. Mercusuar itu juga punya histori sendiri.

Namanya Mercusuar Willem III, yang dibangun pada tahun 1884. Tingginya 30 meter, pancaran cahayanya bisa terlihat dari jarak 20 mil. Ini berguna bagi para pelaut yang kapalnya hendak masuk ke kawasan pelabuhan.

Kalau sore hari, tentu lampu mercusuar itu belum menyala. Kalau mulai petang, barulah menyala. Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang juga terlihat dari seberang, nyala lampunya sangat indah.

Di pinggir-pinggiran dermaga, banyak ditemui orang-orang yang menghabiskan waktu dengan memancing. Rata-rata mereka memancing ikan-ikan kecil di pinggiran ataupun rajungan.

Di lokasi itu juga cukup banyak warung makan berdiri. Artinya, kalau kita mau menikmati senja sembari menunggu waktu berbuka puasa, para penjual makanan masih cukup mudah ditemui.

Itu hanya satu dari beberapa tempat yang cukup indah untuk dikunjungi, terutama para traveler, ketika berada di Kota Semarang. Meskipun udara panas khas kota tepi laut, tapi hiruk pikuk aktivitas pelabuhan cukup menghibur untuk dilihat atuapun diabadikan lewat kamera.

So, jangan lupa liburan ya…selamat mudik!

 

FOTO EKA SETIAWAN

Kawasan Pelabuhan Semarang, foto diambil Rabu (29/5/2019).  

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like