Tips Tetap Sehat Selama Puasa

By

Hai Guys, gimana puasanya? Lancar? Atau sudah ada yang bolong?

Tak terasa, kita sudah minggu kedua kita berpuasa di bulan Ramadan ini. Bulan yang banyak ditunggu umat Muslim di berbagai penjuru dunia. Termasuk saya pribadi yang cukup antusias saat Ramadan tiba.

Salah satunya ya, kalau di Indonesia, banyak makanan dan minuman yang muncul “dadakan” saat bulan puasa tiba.

Tiap sore jelang waktu berbuka, banyak masyarakat berkeliling untuk ngabuburit. Ada yang sekadar berkeliling bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

Tapi, saat siang hari, biasanya banyak orang yang menjadi lesu dan malas dalam berkegiatan selama bulan Ramadan. Hal ini juga sering kualami semasa hidupku. Namun, ada satu masa yang mana aku merasa sangat fit & bugar setiap saat.

Sekitar pertengahan tahun 2007, aku masih duduk di bangku kelas 1 SMP. Selama kurun waktu itu hingga awal 2008, aku semangat sekali berolahraga.

Setiap hari saat bangun tidur dan menjelang tidur, selalu kusempatkan setiap 10 – 15 menit untuk sedikit berolahraga.

Berikut tips nya yang Alhamdulilah sudah kubuktikan;

  1. Streching (Peregangan atau Merilekskan Otot)

Tahap pertama setelah bangun pagi (atau bangun sahur saat Ramadan), ambil segelas air mineral dan minum secukupnya. Kemudian segera mulai peregangan otot-otot yang kaku karena telah tidur semalaman. Mulai dari gerakan menarik tangan, kaki, memutar kepala, dan melemaskan semua persendian di tubuh kita.

  1. Push-Up & Sit-Up

Setelah badan dan otot sudah cukup rileks, tahap selanjutnya adalah melakukan sedikit gerakan push-up dan sit-up. Tak perlu mementingkan kuantitasnya, tapi kualitas dari gerakan-gerakan tersebut. Hanya cukup 5-10 kali saja, namun baik dan benar. Gerakan push-up sangat baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh, menbentuk otot-otot, meningkatkan postur tubuh dan mencegah terjadinya cedera di bahu dan punggung.

Setelah itu dilanjutkan dengan gerakan sit-up, mana memiliki manfaat yang kurang lebih sama dengan gerakan push-up. Kedua gerakan tersebut akan melancarkan peredaran darah di tubuh kita. Suplai oksigen ke otak pun juga menjadi lancar.

  1. Running

Berlari-lari kecil di tempat dan jika memungkinkan lari mengelilingi kamar atau ruangan di dalam rumah kita. Selain bisa meningkatkan stamina, jantung kita juga akan menjadi lebih kuat karena darah terpompa dengan baik.

*****

Selain kegiatan-kegiatan tadi, hampir semua kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, selalu rajin kuikuti saat weekdays maupun weekend. Mulai dari bulu tangkis, basket, sepak bola, hingga bela diri.

Salah satu faktor yang membuatku menjadi semangat mengikuti kegiatan tersebut adalah karena aku cukup payah dalam mengikuti pelajaran olahraga di sekolah. Yang juga berpengaruh pada kehidupanku, aku cepat lelah mudah sekali berkeringat.

Akhirnya selama kurang lebih setengah tahun kujalani semua kegiatan itu, Subhanallah seluruh badan benar-benar hampir tidak pernah terasa capek sama sekali.

Stamina selalu terjaga, pikiran selalu fresh setiap saat. Yang mana sangat membantu saat mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM). Pikiran bisa selalu fokus dan jernih.

Hingga saat memasuki bulan puasa, yang mana aku juga tetap rutin dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, aku pun hampir tidak merasakan lapar dan haus saat menjalankan ibadah puasa.

Terkadang aku sendiri masih tidak percaya bahwa aku pernah memiliki fisik se-prima itu. Di tambah beberapa faktor lain yang juga mendukung terealisasikannya kesehatan fisik yang prima tersebut.

Yaitu; selama kurang lebih 1 tahun, aku tidak memiliki handphone dan tidak diperbolehkan untuk punya lagi karena aku sempat sedikit nakal, mengabaikan larangan orang tua dengan mengendarai sepeda motor hingga terjadi kecelakaan. Curcol dikit deh jadinya, hehehe. . .

Efek radiasi dari handphone bisa sangat mengganggu kesehatan kita. Mungkin kita tidak bisa terlepas dari berbagai macam benda elektronik di sekitar kita, tapi paling tidak kita bisa meminimalisir efek radiasi dari benda-benda tersebut.

So, sisihkan waktu kita setiap hari untuk berolahraga, entah itu 10 menit, 15 menit, ataupun lebih dari itu. Yang penting tetap rutin, teratur, dan disiplin.

Insya Allah kegiatan positif yang kerap dilakukan secara terus menerus akan memberikan hasil yang baik bagi diri kita.

#SelamatBerpuasa #TetapSemangat

 

Sumber Gambar :

https://www.goodfon.com/wallpaper/man-stretching-slippers-grass.html

https://www.go-jek.com/blog/4-ide-ngedate-di-rumah-dengan-budget-di-bawah-200-ribu/

https://content.active.com/Assets/Active.com+Content+Site+Digital+Assets/B25K+620.jpg

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like