Lapas Kedungpane Semarang Gelar Latihan Pramuka untuk Para Narapidana

Other

by Eka Setiawan

Kegiatan kepramukaan tak hanya dilakukan oleh orang-orang yang “bebas” saja. Namun, mereka yang dalam proses hukum pun masih bisa mengikuti kegiatan ini.

Seperti dilakukan di Gugus Depan (Gudep) 07.131 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang. Mereka menggelar latihan Pramuka pada Jumat (3/5/2019) lalu.

Bertempat di Lapangan Serba Guna Lapas Semarang, tim Pramuka Gudep Lapas Semarang yang berjumlah sekira 30 orang kompak berlatih, lengkap dengan seragam Pramuka. Mereka bersemangat mengikuti kegiatan itu. Mereka adalah para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) alias narapidana lapas setempat.

Kepala Lapas Semarang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Lapas Semarang, Dadi Mulyadi, menyebut pihaknya selalu memberi motivasi dan semangat sekaligus fasilitas kepada adik-adik anggota Pramuka Lapas Semarang untuk selalu berlatih.

“Tekadkan jiwa kita yang selalu semangat, produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya dan selalu menjadi generasi muda terdepan dalam pembangunan negara,” kata Dadi.

Dia berpesan, selama menjalani pidana di Lapas Semarang, harus terus diisi dengan kegiatan-kegiatan positif.

“Salah satunya pembinaan kepribadian dalam bidang kepramukaan,” lanjutnya.

Kegiatan latihan kepramukaan ini rencananya akan dilakukan rutin dengan merekrut peserta lebih banyak lagi.

Pelatih kegiatan itu adalah Rosika Wahyu, dari Kwartir Cabang Semarang. Dia mengapresiasi luar biasa kepada pihak lapas yang telah memfasilitasi kegiatan kepramukaan itu.

"Sambutan yang sangat hangat dari anggota pramuka Lapas Semarang dan antusias anggota dalam mengikuti kegiatan latihan ini," ungkap Rosika.

Pada kegiatan awal, diisi dengan materi dinamika kelompok. Tujuannya untuk membentuk kerjasama yang saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup, berinteraksi dan saling memiliki peran yang sama dalam kehidupan.

Gugus Depan 07.131 yang berpangkalan di Lapas Kelas I Semarang ini telah terbentuk sejak 12 Agustus 2015 dan telah dikukuhkan oleh Dewan Kehormatan Kwartir Cabang Kota Semarang.

 

Foto Dokumentasi Lapas Kelas I Semarang

Komentar

Tulis Komentar