Tradisi

Ragam Tradisi Unik dalam Menyambut Bulan Ramadhan di Indonesia

By

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, bulan yang dinanti oleh tiap insan umat Islam di seluruh dunia untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh lamanya. Oleh karenanya, banyak dari kita yang melakukan kegiatan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang dinantikan ini. Nah, di Indonesia sendiri, terdapat beragam tradisi yang dilakukan di berbagai daerah dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang diadakan tiap tahun.

Di Aceh, ada tradisi menyambut bulan suci Ramadhan yang biasa disebut dengan “Meugang”. Meugang adalah prosesi penyembelihan kambing ataupun kerbau untuk menyambut bulan suci Ramadhan tiba. Tradisi ini sudah hadir sejak masa kerajaan Aceh Berjaya dan masih bertahan hingga saat ini. Masyarakat Aceh percaya bahwa nafkah yang dicari selama 11 bulan wajib disyukuri dalam bentuk tradisi Meugang.

Kemudian di Semarang, sambutan untuk datangnya bulan suci Ramadhan dirayakan dengan karnaval “Dugderan”. Kata “Dugderan” sendiri diambil dari dua bunyi alat yang digunakan dalam karnaval tersebut yaitu “Dug” yang diambil dari bunyi Bedug dan “Deran” yang berasal dari bunyian mercon atau petasan. Perayaan ini telah diadakan sejak tahun 1882 pada masa Kebupatian Semarang di bawah kepemimpinan Bupati R.M. Tumenggung Ario Purbaningrat yang dipusatkan di kawasan Masjid Agung Semarang atau Masjid Besar Semarang (Masjid Kauman) yang berada di pusat kota lama Semarng dekat Pasar Johar.

Bergeser ke pulau dewata Bali, pulau dengan mayoritas masyarakat beragama Hindu ini juga memiliki tradisi tersendiri dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan bagi masyarakat yang memeluk agama Islam disana. Tradisi tersebut adalah “Megibung”. “Megibung” sesuai dengan kata “Gibung” yang berarti kegiatan yang dilakukan banyak orang merupakan sebuah tradisi dimana masyarakat berkumpul untuk santap hidangan bersama-sama sambil ditemani dengan obrolan dan diskusi santai dalam prakteknya dan tradisi ini sudah ada sejak tahun 1692 Masehi.

Tentunya masih banyak beragam jenis tradisi yang dilaksanakan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang penuh keberkahan kali ini. Selain acara tradisi yang rutin diadakan tiap tahunnya, kalian juga dapat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan kali ini dengan berbagai kebaikan seperti bersama memanjatkan doa atau kita dapat berbagi dengan acara seperti santunan dan sedekah kepada orang yang benar-benar mebutuhkan.

Nah, kira-kira apa yang kalian lakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini? Share di kolom komentar kita yaaa… #DareToShare

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like