JUMAT AGUNG DAN JUM’AT BERKAH BAGI UMAT BERAGAMA

By

Kata “Jum’at” merupakan kata yang melekat bagi warga negara Indonesia, “Jum’at” merupakan hari ke-lima dalam satuan minggu di Indonesia. Kata “Jum’at” sendiri merupakan kata serapan yang berasal dari Bahasa Arab yakni “Jumu’ah” yang memiliki arti “beramai-ramai”. “Jumu’ah” memiliki induk kata “jama’” yang memiliki arti “banyak” dan “jima’” yang memiliki arti “bergabung”.

              Kata “Jum’at” sendiri begitu populer di Indonesia, kata tersebut banyak di gunakan dalam ungkapan citra hari yang agung. Banyak dari kita para pengguna sosial media di Indonesia sering meramaikan jagat maya dengan tagar “#JumatBarokah, #GoodFriday, #JumatBerkah” dan lain sebagainya. Hampir di tiap minggu, tagar tersebut seringkali muncul sebagai trending topic di berbagai platform sosial media di Indonesia.

Pada minggu ini, kaum kristiani tengah merayakan hari “Jumat Agung”. Hari Jumat sebelum Minggu Paskah, dimana hari Penyaliban Yesus Kristus terjadi dan juga merupakan hari wafatNya di Golgota. Banyak yang percaya bahwa penyaliban Yesus sangat mungkin terjadi pada hari Jumat, namun tanggal terjadinya tidak diketahui dengan pasti. Mengutip situs tuhanyesus.org “Jumat Agung” memiliki 3 makna bagi umat kristiani yaitu: penderitaan bukanlah akhir; pengampunan; dan membangun mentalitas pemenang;. Bagi umat kristiani, “Jumat Agung” tidaklan hanya sebagai peringatan, melainkan hari dimana hendaknya umat kristiani kembali melihat teladan-teladan Yesus untuk kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

               Hari Jum’at juga memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam. Bagi umat Islam, Hari Jum’at merupakan “Rajanya Hari” dan merupakan hari yang paling penuh akan keberkahan. Allah Ta’ala mengkhususkan hari Jum’at ini hanya bagi kaum Muslimin dari seluruh kaum dari ummat-ummat terdahulu. Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Hari Jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang Muslim pun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘Ashar.” Tidak hanya itu, Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda bahwa jika kita benar-benar mempersiapkan diri kita untuk menuaikan shalat jum’at sesuai dengan tatacara dan urutan yang benar, maka akan diampuni segala dosa kita sampai dengan bertemu hari jum’at minggu depan.

Begitu istimewanya hari jum’at bagi kita semua. Hari yang memiliki keistimewaannya tersendiri bagi tiap umat di dunia, terutama di Indonesia. Nah… bagi kalian pun wahai umat pekerja, kalian juga pasti senang kan jika sudah memasuki hari jum’at…. Hari akhir untuk kalian bekerja dalam tiap minggu hingga akhirnya kalian dapat berbahagia menikmati hari libur kerja kalian dan melepas lelah di akhir pekan. Yuk ceritakan bagaimana pengalaman akhir pekan kalian masing-masing di kolom komentar kita.

“Karena JUMAT BERKAH adalah hak bagi seluruh rakyat Indonesia”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like