Workshop Sinau Dongeng, Sebarkan Nilai-Nilai Toleransi Sejak Dini 

By

“Seorang anak gembala sedang menggembalakan domba milik tuannya. Karena bosan, ia menghibur dirinya dengan bermain bersama anjingnya sambil memainkan seruling miliknya”

Itulah sepenggal dongeng yang dikisahkan oleh Rona Mentari, pada Workshop Sinau Dongeng, Sabtu (13/4/2019). Lokasinya di Warung TOP Inspirasi, Sumber, Solo.

Rona Mentari adalah pendiri Rumah Dongeng Mentari. Dia sengaja hadir untuk memberikan pelatihan mendongeng kepada para pesertanya, khususnya anak-anak.

Tema yang diusung adalah “Bertoleransi dalam Imajinasi”. Kegiatan itu sengaja digelar sebagai salah satu dukungan untuk menyebarkan nilai-nilai toleransi, nilai-nilai kebaikan, dalam kehidupan bermasyarakat. Sasarannya, khususnya anak-anak.

Pemilihan penyebaran nilai-nilai kebaikan itu dengan dongeng, sebab anak-anak menyukainya. Dongeng sangat menghibur, mengajari tanpa menggurui.

“Anak-anak akan mencontoh perilaku baik dari tokoh-tokoh yang diceritakan dalam kisah dongeng. Jadi tanpa sadar nilai budi pekerti telah tertanam pada benak mereka,” kata Rona Mentari pada siaran pers Doing Project yang diterima ruangobrol.id, Minggu (14/4/2019) pagi.

Pelatihan ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, mahasiswa, hingga orang tua. Tak hanya belajar mendongeng, para peserta juga berkesempatan untuk mempraktikkan secara langsung.

Azka, peserta termuda pada workshop, dengan antusias mengikuti acara hingga selesai. “Aku senang dongeng, pengen bisa mendongeng kaya kak Rona,” ujar anak berumur 5 tahun itu.

Workshop Sinau Dongeng merupakan bagian dari serangkaian acara yang mewarnai Festival Purana yang diprakarsai oleh Komunitas Dongeng Keliling (Doing) Project.

Festival Purana dibuka dengan Kreta Purana Goes to School. Kreta adalah singkatan dari Kreasi dan Bercerita.

Kreta merupakan acara pembuka yang telah diselenggarakan Jumat (29/03/2019) lalu di SD Negeri Gulon Jebres Solo.

Sedangkan acara penutup yang juga merupakan acara puncak dari Festival Purana yaitu Pagelaran Dongeng Solo. Pagelaran rencananya digelar Sabtu (20/04/2019) di Taman Cerdas Soekarno Hatta, Jebres, Solo.

 

FOTO DOKUMENTASI DOING PROJECT

Para peserta mengikuti Workshop Sinau Dongeng, Sabtu (13/4/2019) di Warung TOP Inspirasi, Sumber, Solo. Workshop itu merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara Purana Festival yang digelar oleh Dongeng Keliling Project (Doing Project).

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like