Memahami untuk Cari Solusi Tepat Selesaikan Lingkaran Kekerasan

Other

by Eka Setiawan

Para alumni penerima Australia Arwards berkumpul diSurabaya tepatnya di Hotel Four Points Surabaya pekan ini. Mereka mengikutipelatihan untuk membuat program kreatif penanganan terhadap persoalanradikalisme dan ekstremisme.


Kegiatan dilakukan 3 hari mulai Selasa 12 Februari 2019hingga Kamis 14 Februari 2019. Di sana, selain hadir para alumni AustraliaAwards itu juga dihadirkan beberapa orang yang sempat tergelincir radikalisme. Merekayang hadir di antaranya Ali Fauzi Manzi pemilik Yayasan Lingkar Perdamaian, dan2 orang lainnya.


Mereka berbagai cerita perjalanan hidupnya, tentangbagaimana sempat tergelincir di kelompok radikal, saat berada di lingkarantersebut hingga proses keluar mereka dari lingkaran itu.


Mengetahui secara detil kisah perjalanan mereka amatlahpenting untuk mendapatkan solusi bagaimana kekerasan bisa diantisipasi, dicegahataupun dicari langkah terbaik menanganinya jika sudah terjadi.


Salah satu peserta yang sempat berbagi cerita,mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, isu-isu radikalisme tidak bisadilihat dari satu sudut pandang saja untuk penyelesaian terbaik. Sudut pandanglain, yakni mantan orang yang pernah berada di lingkaran tersebut, sangatpenting untuk dipahami.


Harapan ke depan setelah ada kegiatan berbagai ceritasemacam itu, ada langkah-langkah tepat untuk menangkal dan menyelesaikanpersoalan radikalisme ini. Baik langkah preventif, terutama gerakan di level grass root mapun langkah-langkahderadikalisasi yang nantinya akan diambil.


Kursus itu difasilitasi Monash University; Prof. PeterLentini sebagai leader dan Noor Huda Ismail sebagai course co-designer-nya. Kegiatan itu bertajuk Policies for Disengagement and Rehabiliation of Violent Extremist:Post–Course Workshop.


Kegiatan itu juga merupakan lanjutan pelatihan yangsebelumnya digelar di Melbourne, Australia, November 2018 lalu.

Komentar

Tulis Komentar