Ogah Bertanya, Julid di Jalan

By

Tunggu! Tunggu! Julid itu apa sih?. Yuk, coba kita tanya Mbah Google dulu, biar nggak julid :/.

Kalau baca Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), julid itu berasal dari bahasa Sunda; binjulid, yang artinya iri atau dengki. Ih serem amet

Tapi, di page lain, ada yang bilang kalau julid itu kependekan dari “jurig lidah”. Kata “jurig” sendiri dalam Bahasa Sunda berarti “hantu/setan”.

 Bisa jadi “jurig lidah” adalah ungkapan yang berarti orang yang omongannya jahat seperti setan. (https://id.quora.com/Apa-sebenarnya-arti-kata-julid).  Alamaaak.

Kalau di page Kapanlagi.com begini, bahwa kata julid berasal dari kata julita yang berarti anak-anak.

Berdasarkan dua arti kata binjulid dan julita, kini istilah julid dapat digunakan untuk menyebut seseorang yang nyinyir atau terlalu pedas dalam mengomentari orang lain.

Sementara itu, menurut arti kata, istilah julid digunakan untuk seseorang yang bersifat kekanak-kanakan karena suka cari perhatian atau karena suka bersikap menyebalkan. (https://m.kapanlagi.com/plus/ramai-dipakai-di-sosmed-ini-lho-arti-kata-julid-sebenarnya-557b7e.html?utm_campaign=AMP-referal-track&utm_content=Baca-Selengkapnya&utm_medium=after-content&utm_source=GoogleAMP#).

Banyak banget dah artinya. Tapi intinya: suatu hal yang negatif. Dalam pembahasan kali ini, dan berdasarkan kenyataan, julid yang kita ambil adalah yang iri, jurig lidah dan nyinyir. Duh, plus plus dah tuh!

Kalau ngomongin soal bertanya. Nampaknya budaya ini juga udah mulai banyak disalahgunakan. Maksudnya di balik-balik! 

Yang gak perlu ditanya malah ditanyain sampe detil. Eh, ketika masalah klarifikasi sesuatu atau info yang penting malah malas ditanyain. Piye toh, ferguso?

Berhubung kisah pengalaman hidup saya, yaitu pernah ke daerah Timur Tengah dan bergabung ke wilayah kelompok radikal dan alhamdulillah bisa kembali lagi, hal ini sempat heboh di seantero dunia!. Khususnya ya dunia maya atau internet. Komentar, bully dan ke-sok-tauan netizen ramai banget. Sedih sih, ya tapi mau gimana ya. Itu salah satu risiko yang harus saya hadapi.

Tapi, di sisi lain saya mikir. Para netizen ini kan gatau sebenarnya ya. Mereka hanya dapetin berita dari media-media internet. Mau klarifikasi juga bingung kayaknya (husnudzon) hehehe.

Yang bikin saya terkejut, terheran-heran ketika orang-orang yang cukup kenal dengan diri kita atau bisa terbilang dekat, ogah banget nanya kejelasan ceritanya, eh malah julid. Jeng jeng!.

Hal kayak gini, memang gak cuma saya aja yang alami. Toh, di jagat medsos banyak banget orang-orang yang kena julid.

Apa yang kita lihat dari 1 buah foto di medsos, gak bisa kita ambil kesimpulan dia seperti itu. Hal seperti ini pun, sudah sering dibahas beberapa influencer.

Kalau gak bisa klarifikasi atau nanya, kenapa tidak mencoba berkata baik atau diam? kita gak 24 jam dengan orang tersebut kan?

Balik lagi nih. Bukannya malah enak ya, kalau bisa ketemu langsung dengan orang yang bersangkutan. Jadi bisa nanya-nanya sekaligus klarifikasi untuk berita sebenarnya. Bukannya malah menjauh dan menyebarkan fitnah, duh! Apa gak nambah tuh dosa?? Allahu’alam.

Makanya. Ketika teman saya bertanya begini:

Eh, katanya dulu kamu itu begini dan begitu, ya?,” 

”Hah? Kata siapa?,”  

“Kata Si Anu lah,” jawabnya lagi.

“Yaampun berita dari mana sih kayak gitu, kalau gak percaya coba aja tanya tetangga di sekitar gue,” jawab saya lagi.

Nah, teman saya itu pun kaget ketika saya mencoba menceritakan keadaan atau kondisi yang kami alami sebenarnya.

Terus terus, kalau yang dikatakan orang-orang ternyata benar dan terbukti gimana? Ya, udah cukup kita aja yang tau. Kan intinya situ udah coba bertanya dan klarifikasi.

Jangan malah ikutan ngejulid, pemirsah!

Semoga perbuatan negatif ini segera hilang dari negeri kita tercintah. Sehingga aman dan damai dari konflik akibat julid.

Daripada ngejulid (jurig lidah), mending kita sama-sama ngejiladin es krim aneka rasa. Biar lidahnya sama-sama adem, hehehe.Jadi curcol deh. Ya iyalah, CURhat di ruangobrOL!

Sumber Gambar: https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi59aja_rjgAhUUfSsKHfGrC1sQjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Ffeedram.top%2Fwatch-hashtag%2Fjulid&psig=AOvVaw0K9mx1-Zr3odPhMHP6Sb54&ust=1550156173294565

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like