5 Manfaat Ucapan Terima Kasih

Rizka Nurul
Rizka Nurul
2 Min Read

Ketika kita mengucapkan terima kasih, mungkin itu nampak sangat mudah. Tapi pernahkah kita membayangkan bahwa ucapan terima kasih itu sangat bermanfaat? Berikut manfaat ucapan terima kasih.

1. Ucapan Terima Kasih adalah Paling Indah

DR. Masaru Emoto dari Jepang melakukan penelitian mengenai molekur air. Ketika air yang diucapkan benci, maka molekurnya cokelat, hitam dan tidak berbentuk. Sedangkan ketika diucapkan terima kasih, molekul berbentuk nampak seperti kristal.

Hasil gambar untuk molekul air karena terima kasih
Molekul air “Terima Kasih”
Sumber gambar : http://syarif-tif.blogspot.com/2012/07/keajaiban-air-berdasarkan-penelitian-dr.html

2. Mengurangi Stress

Faktanya, ungkapan syukur adalah alat terbaik untuk menghadapi stres. Ketika merasa bahwa Anda adalah karyawan yang berharga di suatu perusahan, Anda akan bisa menyelesaikan tanggung jawab atau membuat keputusan lebih bijaksana.

3. Menjaga Agar Tetap Sehat

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Personality and Individual Differences, salah satu manfaat mengucapkan terima kasih yang luar biasa adalah karena bisa membuat seseorang tetap sehat.

Alasannya, orang yang bersyukur akan lebih banyak berolahraga, makan makanan sehat, juga senantiasa memerhatikan kesehatan.

4. Meningkatkan Harga Diri

Saat Anda berterima kasih kepada orang lain setiap hari, mereka akan menjadi lebih bersyukur atas kesempatan mengenal Anda karena Anda mengapresiasi dan menghargai mereka. Hal tersebut pun akan meninggikan harga diri Anda. Sebuah studi yang dilakukan Social Psychological and Personality Science menemukan bahwa ungkapan syukur adalah sesuatu yang menular.

5. Menghargai Orang Lain

Ketika kita mengucapkan terima kasih, sesungguhnya kita menunjukkan bahwa kita tidak bisa hidup tanpa orang lain. Hal itu beranti Anda telah menghargai mereka ada di hidup Anda.

Sudahkah Anda mengucapkan Terima Kasih hari ini?

Share this Article
Posted by Rizka Nurul
Follow:
Rizka is the content creative manager in ruangobrol.id. She is a researcher and made a film "Pengantin" which directed by Noor Huda Ismail. The book of Pengantin will be release soon
Leave a comment